Selasa, 25 Maret 2008

Course Outline PPMDI

A. IDENTITAS MATA KULIAH;
Nama Mata Kuliah : Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam
Kode Mata Kuliah :
Semester/TA : VI (enam) 2007/2008
Jurusan/Prodi : Tarbiyah (PAI) A dan C
Prasyarat :
Jumlah sks : 2 (dua)
Waktu Kuliah : Rabu dan Kamis


B. STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa memahami dan menguasai sejarah perkembangan pemikiran modern di dunia Islam dan di Indonesia dengan masing-masing corak dan karakteristiknya masing-masiing, serta mampu menganalisis implementasi pemikiran para tokoh pembaharu


C. DISKRIPSI MATERI PERKULIAHAN
Tatap Muka 1:
Dalam pertemuan pertama kali ini, yang diberikan adalah penjelasan tentang mata kuliah dan kontrak belajar.
Tatap Muka 2:
Pengertian tajdid, Fungsi tajdid, Arti penting tajdid, Latar belakang timbulnya tajdid (Historis, filosofis, dan politik), Kebutuhan Ijtihad dalam Tajdid, Lapangan dan objek bahasan, Periodisasi Tajdid
Tatap Muka 3 :
Membahas tentang Gerakan Pembaharuan di Mesir I:
a. Mohamad Ali
b. Al-Tahthawi
c. Jamaluddin al-Afghani
Membahas tentang Gerakan Pembaharuan di Mesir II:
d. Muhammad Abduh
e. Rasyid Ridha
Tatap Muka 5;
Gerakan Pembaharuan di Arab Saudi, yakni Gerakan Wahabiah yang dipelopori oleh Muhammad ibn Abdul Wahhab
1. Asal Mula Gerakan Wahabiah
2. Gerakan Wahabiah dan Ibnu Saud
3. Pemikiran Politik Wahabiah
4. Aspek Pembaharuan dalam Wahabiah
Tatap Muka 6:
Gerakan pembaharuan di Turki I yang akan mengkaji gerakan pemikiran:
a. Sultan Mahmud,
b. Tanzimat,
Tatap Muka 7:
Gerakan Pembaharuan di Turki II yang akan membahas gerakan dan pemikiran tokoh-tokoh dalam:
a. Turki Muda,
b. Usmani Muda,
c. Mustafa Kemal dan Sekularisasi

Tatap Muka 8 : Panduan dan Pengarahan untuk Mengerjakan Tugas-tugas terstruktur sebagai nilai SUBSUMATIF. Tugas tersebut adalah membuat pemikiran beberapa tokoh yang dikirim melalui email.

Tatap Muka 9:
Gerakan Pembaharuan di India I yang membahas gerakan
a. Mujahidin
b. Gerakan Aligarh
c. Sayid Amir Ali

Tatap Muka 10:
Gerakan Pembaharuan di India II yang membahas pemikiran dan gerakan
a. Muhammad Ikbal
b. Ali Jinnah
c. Ahmadiyah

Tatap Muka 11: Bedah Pemikiran I
Mengenal Pemikiran Modern Tokoh Liberal Dunia, yakni:
1. Pemikiran Mahmud Muhammad Thaha dan Abdullah Ahmad An-Naim
2.
Tatap Muka 12: Bedah Pemikiran II
Mengenal Pemikiran Modern Tokoh Liberal Dunia ke dua yakni:
1. Pemikiran Muh. Syahrur
2. Pemikiran Abid Al-Jabiri

Tatap Muka 13:
Gerakan Pembaharuan di Indonesia
1. Muhammadiyah
2. Persis
Tatap Muka 14:
1. Nahdhatul Ulama
2. dll

Tatap Muka 15: Bedah Pemikiran III :
Membedah pokok-pokok pemikiran
1. Harun Nasution
2. Nurcholis Madjid

Tatap Muka 16: UAS


D. ANALISIS MATERI
Mata Kuliah perkembangan pemikiran modern dalam Islam ini dimaksudkan untuk menggali metode pemikiran para tokoh pembaharu, selain memperkenalkan pola atau metode berpikir meraka, sehingga dapat diteladani oleh para generasi saat ini terutama dalam menghadapi perkembangan zaman yang senantiasa berubah. Untuk itu, pola pembahasan antara materi satu dengan yang lainnya hampir sama.
Komponen yang dikaji terutama dalam studi tokoh ini adalah sebagai berikut:
1. Profil tokoh, yang meliputi latar belakang kehidupannya
2. Kondisi sosial, Politik dan budaya saat itu yang dikaitkan dengan produk pemikirannya.
3. Produk pemikirannya
4. Analisis; Kritik dan Penilaian Pemakalah
5. Kesimpulan
6. Daftar Pustakan

E. METODE PEMBELAJARAN DAN PENUGASAN:
Metode Pembelajaran dalam perkuliahan ini dominan adalah menyusun makalah dan kemudian mempertanggungjawabkan hasil kerjanya dalam Diskusi Kelas, dan model pengembangan diskusi lain, seperti model: Buzz Group, Jig Saw Learning, dan sebagainya.
Selain itu juga ada beberapa penugasan analisis pemikiran beberapa tokoh dalam bentuk Resensi Tokoh Pemikiran.
Adapun dalam pembuatan makalah mengacu kepada buku panduan penulisan karya ilmiah yang diterbitkan oleh UPMA STAIN Samarinda. Namun secara umum, sistematikanya adalah sebagai berikut:
1. Pendahuluan
Berisi pengantar yang menjelaskan arah pembahasan dan menyambungkan antara pembahasan topik dikaitkan dengan perkembangan pemikiran lainnya. Bisa juga dengan mengangkat permasalahan di masyarakat atau rumusan masalah.
2. Pembahasan
a. Jika pemikiran tokoh: diawali dengan biografi dan karya tulis
b. Karakteristik pembaharuan di eranya masing-masing
c. Latar Belakang pembaharuannya (bisa dikaitkan dengan kondisi sosial, politik, budaya dan ekonomi) (implementasi Metodologi Studi Islam)
d. Pola dan sasaran Pembaharuan
e. Aspek-aspek Pembaharuan yang dilakukannya
(semua pengutipan wajib memenuhi standar ilmiah salah satunya yakni ada catatan kaki. Polanya adalah nama pengarang, judul [miring], (tempat penerbitan: nama penerbit, tahun terbit), cet, halaman.
3. Referensi
Minimal 4 buku di luar Al-Quran, Hadis, kamus, dan ensiklopedi.
4. Penugasan Lainnya
Informasi tugas dan lain-lainnya bisa anda lihat di www.anis-masykhur.blogspot.com atau langsung ke www.kuliah-excellent.blogspot.com.

F. TEKNIK PENILAIAN
Teknik penilaian dalam mata kuliah ini dibagi ke dalam 3 katagori:
- Formatif : Kehadiran, Keaktivan Mengemukakan Pendapat dan Anaslisanya dengan prosentase 30 %
- Sub Sumatif : Pembuatan Makalah, Presentasi, dan Perbaikan Makalah (proses konsultasi) dengan prosentase 40%
- UAS/Sumatif : Ujian akhir dan penyerahan hasil akhir perbaikan makalah dengan prosentase 30%

Tidak ada komentar: